Bimbingan Perkawinan Sangat Di Butuhkan Untuk Menekan Angka Perceraian

TEROBOSHUKUM.CO.ID – Bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin  atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) merupakan salah satu program yang  digiatkan pada jajaran Kantor Kementerian Agama Kab. Bekasi, melalui KUA-KUA yang tersebar di 23 Kecamatan.

Baca juga:

Halal Bihalal Media Post Keadilan Hadir Pengurus SMSI Kab.Bekasi & Ketua PGN

H, M, Ali Shadikin SAg, Kepala KUA Tarumajaya mengatakan kepada awak media bahwa
Kegiatan Bimbingan Perkawinan merupakan program Kementerian Agama RI.  Dasar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan  berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin.

Haji M, Ali shadikin SAg, pun mengatakan
Tujuan Bimbingan Perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi. Minggu, (15/5/22)

Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh,  karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga.
Haji Ali  pun menambahkan,
Adapun materi wajib dari Bimbingan Perkawinan ada 8, yaitu,
1. Membangun Landasan Keluarga Sakinah,
2. Merencanakan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, 3. Dinamika Perkawinan, 4. Kebutuhan Keluarga,
5. Kesehatan Keluarga,
6. Membangun Generasi Yang Berkualitas,
7. Ketahanan Keluarga Dalam Menghadapi Tantangan Kekinian dan 8. Mengenali dan Menggunakan Hukum Untuk Melindungi Perkawinan Keluarga. Berdasarkan KepDirjen Bimas Islam No.373/1917, pelaksanaan Bimbingan Perkawinan dapat berupa Bimbingan tatap muka atau bimbingan mandiri.

Untuk bimbingan perkawinan  dilaksanakan selama 2 hari dengan durasi 16 jpl.
Mengingat perkembangan teknologi  yang cukup, KUA kecamatan Tarumajaya berusaha melakukan inovasi kegiatan bimbingan secara online dengan tetap memadukannya secara offline atau tatap muka, mengingat keterbatasan waktu kehadiran calon pengantin saat bimbingan tatap muka.

” Semoga kegiatan ini bisa Bermanfaat,” ungkapnya kepala KUA Tarumajaya, Haji M. Ali Shadikin SAg. (Rinan)


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *