Tiga Pilar Kel Kebalen Datangi Banjir di Wilayahnya

TEROBOSHUKUM.CO.ID – Lagi-lagi awal tahun 2021  Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan serta luapan air dari Kali Bekasi dan datang air kiriman melalui kali Bekasi yang  mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Sementara di Jalan Raya Perjuangan, penghubung perbatasan antara Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi dengan Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi juga terendam banjir.

Menurut keterangan Irwanto, warga RT 05/04 Kelurahan Kebalen, banjir yang melanda RT 02/05, RT 01/05 dan RT 05/04 terjadi sejak pukul 09.30 Wib. Namun katanya, para warga yang terendam banjir sudah dievakuasi.

“Air mulai naik sejak jam 09.30 Wib.
Para warga yang rumahnya terendam banjir hingga se-dada orang dewasa itu sudah dievakuasi oleh Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kebalen dan tim SAR. Alhamdulillah, evakuasi berjalan lancar. Namun masih ada warga yang rumahnya bertingkat enggan dievakuasi,” katanya, seraya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan stakeholder.

Disinggung soal airan listrik yang mengaliri wilayah itu, Iswanto mengatakan, aliran listrik pun sudah dimatikan oleh petugas PLN ULP Babelan

Sementara itu, ditemui di lokasi banjir Ketua Karang Taruna (Katar) Kebalen Syarifudin mengatakan, pihaknya telah mendirikan dapur umum di RT 002/05 Kelurahan Kebalen.

“Kita sudah dirikan dapur umum di RT 02/05 untuk memasak makanan bagi warga korban banjir,” ujar Ondoy panggilan akrabnya.

Lurah Kebalen Firman Arief Sembada yang ditemui Awak media saat meninjau lokasi banjir mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Karang Taruna Kelurahan Kebalen yang telah membuat dapur umum untuk warga.

“Ya saya apresiasi karang taruna yang telah peduli terhadap warga yang kebanjiran,” ujar Firman seraya mengatakan, pihaknya akan mensupport dapur umum dan tengah mengupayakan bantuan baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi maupun para stakeholder yang ada di wilayah tugasnya.

Tentunya masyarakat korban banjir membutuhkan segala sesuatunya, Kami akan upayakan semampu Kami untuk membantu warga yang terkena musibah banjir ini. Mudah-mudahan stakeholder mau membantu warga dengan ikhlas,” imbuhnya.

Berdasarkan data sementara yang terhimpun, banjir yang melanda wilayah Kelurahan Kebalen di antaranya di RW 05 meliputi RT 05, RT 07 sebanyak 18 KK, RT 05 sebanyak 38 jiwa, RT 03 sebanyak 1 KK, RT 02 sebanyak 25 KK dan RT 01 sebanyak 5 KK.

Sedangkan di RT 05/04 sebanyak 9 KK,
RT 011/013 sekitar 85 KK, RT 010/013 sekitar 55 KK. Menurut warga setempat, itu data sementara sampai saat ini. Namun, kemungkinan ada penambahan. Total sementara secara keseluruhan sebanyak 430 KK yang terkena musibah banjir.

Masih banyak lagi wilayah yang terendam banjir di Kelurahan Kebalen, namun belum terdata, terutama di lingkungan perumahan yang datarannya rendah.

Hingga berita ini diturunkan, Lurah Kebalen Firman Arief Sembada masih meninjau lokasi lainnya yang terendam banjir. (*)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *