Lebaran Bekasi 2023, Menyatukan Masyarakat dan Etnis Bumi Swatantra Wibawa Mukti

TEROBOSHUKUM.CO.IDPemerintah Kabupaten Bekasi menggelar “Lebaran Bekasi 2023” yang bertujuan menyatukan semua masyarakat dan seluruh etnis di bumi Swatantra Wibawa Mukti.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menuturkan, acara Lebaran Bekasi kali ini bukan yang pertama kalinya digelar, sejak dahulu sudah pernah diselenggarakan.

“Sebelumnya Lebaran Bekasi ini digagas dan digelar secara swadaya oleh H. Damin Sada dengan Jejaka-nya. Mulai tahun ini kami dari Pemkab Bekasi suppport dari sisi anggaran melalui Disbudpora, demikian juga para camat andil semua, UMKM juga. Kalau publikasi Kominfo, Prokopim,” tutur Dani Ramdan di lokasi acara, Desa Srijaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (10/06).

Karena ini semua sifatnya masih spontanitas, pemerintah daerah belum mengalokasikan anggaran untuk Lebaran Bekasi 2023.

Namun, sambung Dani Ramdan, di tahun depan Lebaran Bekasi akan akan dirancang dengan sebaik mungkin.

“Ke depannya mungkin karena banyak ekspatriat di sini, nanti akan kami ajak juga, bangsa-bangsa di luar Indonesia yang sudah hidup di sini, ada Jepang, Korea, Amerika akan bergabung,” kata Dani.

Pria berkharismatik berkacamata ini menerangkan, Lebaran Bekasi ini memang tradisi yang agak berbeda dengan Lebaran Betawi yang ada di Jakarta.

Kalau Lebaran Betawi ya etnisnya Betawi saja. Tapi Lebaran Bekasi ini, semua etnis yang ada, termasuk Kota Bekasi diajak. Jadi dari Sabang sampai Merauke.

Kedati memperkenalkan ke seluruh etnis yang tinggal di Kabupaten Bekasi, Dani berencana akan menggandeng ke eks patriat untuk mengetahui sisi keberagaman budaya yang ada di bumi Swatantra Wibawa Mukti.

“Ya jadi harus dirancang lagi agar betul-betul menjadi festival multikultur. Berbagai jenis budaya bisa ditampilkan, masyarakat bisa melihat, mengenal dan saling menghargai,” ujarnya.

“Karena perbedaan ini menjadi kekayaan, buka pertentangan. Apalagi tema Lebaran Bekasi ini kami ambil tema ‘Damai Pemilu’. Persiapan untuk pemilu yang aman, tentram, dan damai,” terangnya

Sementara Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga Iman Nugraha mengaku, pihaknya dari Disbudpora mensupport penuh gagasan dari Haji Damin Sada dan FKP terkait Lebaran Bekasi.

“Alhamdulillah hari ini bisa kami laksanakan dengan sukses dan meriah. Tujuan dari Lebaran Bekasi ini adalah menuju Kabupaten Bekasi yang damai di tahun 2024 akan semakin terwujud,” kata Iman.

Iman mengatakan, tema Lebaran Bekasi 2023 kali ini mengangkat tema, Dengan Silaturahmi, Kita Ciptakan Kedamaian di Bekasi Menjelang Tahun Politik 2024.

“Artinya semua etnis, agama dan golongan dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Bekasi itu berdampingan untuk menjaga suasana yang kondusif menjelang pemilu,” imbuhnya.

Ia berharap ke depannya festival atau gelaran Lebaran Bekasi ini lebih sering di tampilkan lagi, untuk memperkenalkan dari sisi budaya lokal Kabupaten Bekasi bahkan budaya nasional.

“Kali ini persembahan kesenian dan budaya di acara Lebaran Bekasi tidak hanya lokal saja yang tampil tapi nasional juga hadir di sini,” tandasnya. (ADV)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *