H. Awih Tuding Belum Dilantik Wabup terpilih DPRD Kab Bekasi adalah Pelecehan

TEROBOSHUKUM.CO.ID – H. Awih Kusbini Ketua Umum Solidaritas Masyarakat Peduli Bekasi (SMPB), mempertanyakan tentang belum dilantiknya Wakil Bupati Bekasi terpilih sisa masa jabatan 2017-2022, Ahmad Marjuki. Apa alasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, yang sekarang ini belum juga melantik Wakil Bupati Bekasi terpilih.

Kemendagri dan Pemprov Jawa Barat, telah melecehkan rakyat Kabupaten Bekasi. Pasalnya, kata dia, pada 18 Maret 2020, DPRD Kabupaten Bekasi memilih Ahmad Marjuki sebagai Wakil Bupati Bekasi dengan 40 suara dari total 50 anggota DPRD, H.Awih bahkan Menuding hal itu pelecehan terhadap rakyat Kabupaten Bekasi.

Akan tetapi hingga Bupati Eka Supria Atmaja meninggal pada 11 Juli 2021, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil belum juga melantik Ahmad Marjuki sebagai Wakil Bupati Bekasi terpilih.

“Pak Ahmad Marjuki itu sudah sah terpilih dalam sidang Paripurna DPRD Pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Jika produk DPRD Kabupaten Bekasi tidak dianggap oleh Kemendagri dan Pemprov Jawa Barat, berarti mereka telah melecehkan rakyat Bekasi. Sebab, DPRD itu merupakan representasi masyarakat Kabupaten Bekasi,” kata Awih Kusbini, Sabtu (17/7/21).

Dalam pemilihan itu, lanjut dia, DPRD mengajukan Ahmad Marjuki dan Tuti Nurcholifah Yasin, adik mantan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin sebagai calon wakil bupati. Namun, dalam pemilihan hanya dihadiri Ahmad Marjuki yang meraup 40 suara.

Dengan kekosongan pejabat tertinggi definitif di Kabupaten Bekasi ini, Awih Kusbini mendesak Mendagri Tito Karnavian melalui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil segara melantik Ahmad Marjuki sebagai Wakil Bupati Bekasi terpilih.

Awih Kusbini berharap Mendagri Tito Karnavian dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melihat kondisi psikologis masyarakat Kabupaten Bekasi yang membutuhkan pejabat bupati ‘legitimate’.

“Sebagai orang Bekasi, saya merasa prihatin karena kebijakan yang dibuat Mendagri dan Gubernur Jawa Barat, tidak mengarah kepada orang Bekasi. Harapan saya dan semua orang Bekasi, Ahmad Marjuki yang sudah secara sah terpilih dalam sidang Paripurna DPRD Pemilihan Wakil Bupati Bekasi, segera dilantik,” kata Awih Kusbini. (*)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *